Jumat, 18 Februari 2011

Post Traumatic Stress Disorder

Definisi
Post-traumatic stress disorder (PTSD) adalah jenis gangguan kecemasan yang dipicu oleh peristiwa traumatis. Anda dapat menderita gangguan stress pasca-trauma saat Anda mengalami atau menyaksikan peristiwa yang menyebabkan ketakutan luar biasa, intens atau horor. 

Gejala
Tanda dan gejala gangguan stres pasca-trauma biasanya dimulai dalam tiga bulan dari peristiwa traumatik.  Gejala stres pasca-trauma biasanya dikelompokkan menjadi tiga jenis: memori intrusif, menghindar dan mati rasa, dan hyperarousal.
Gejala memori intrusif termasuk:
  • Kilas balik, atau menghidupkan kembali peristiwa traumatis
  • Mengganggu mimpi tentang peristiwa traumatik
Gejala penghindaran dan emosional mati rasa termasuk:
  • Mencoba untuk menghindar dari berpikir atau berbicara tentang peristiwa traumatik
  • Merasa mati rasa emosional
  • Menghindari kegiatan yang Anda pernah nikmati
  • Keputusasaan tentang masa depan
  • Memori masalah
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kesulitan mempertahankan hubungan yang erat
Gejala kecemasan dan gairah emosional meningkat termasuk:
  • Lekas marah atau kemarahan
  • Besar rasa bersalah atau malu
  • Perilaku merusak diri, seperti minum terlalu banyak
  • Masalah tidur
  • Menjadi mudah terkejut atau takut
  • Mendengar atau melihat hal-hal yang tidak ada
Penyebab
Para peneliti masih mencoba untuk lebih memahami apa yang menyebabkan seseorang untuk mendapatkan gangguan stress pasca-trauma. Seperti penyakit mental yang lain, gangguan stress pasca-trauma mungkin disebabkan oleh campuran kompleks:
  • Riwayat predisposisi penyakit kejiwaan, terutama kecemasan dan depresi
  • Pengalaman hidup Anda, termasuk jumlah dan tingkat keparahan trauma Anda sudah terkena sejak anak usia dini
  • Aspek mewarisi kepribadian Anda - sering disebut temperamen Anda
  • Cara otak Anda mengatur bahan kimia dan hormon rilis tubuh Anda dalam respon terhadap stres
Faktor risiko
Wanita empat kali lebih besar dibandingkan laki-laki untuk mengembangkan PTSD. Para ahli percaya ini karena perempuan mengalami peningkatan risiko mengalami jenis kekerasan interpersonal - seperti kekerasan seksual - yang paling mungkin untuk menyebabkan PTSD. 

Komplikasi
Gangguan stres pasca-trauma dapat mengganggu seluruh hidup Anda: pekerjaan Anda, hubungan Anda dan bahkan menikmati kegiatan sehari-hari Anda.
PTSD juga dapat menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi lainnya masalah kesehatan mental, termasuk:
  • Depresi
  • Penyalahgunaan obat
  • Penyalahgunaan alkohol
  • Gangguan makan
  • Bunuh diri pikiran dan tindakan
Selain itu, studi para veteran perang telah menunjukkan hubungan antara PTSD dan perkembangan penyakit medis, termasuk:
  • Penyakit kardiovaskular
  • Sakit kronis
  • Penyakit autoimun, seperti rheumatoid arthritis dan penyakit tiroid
  • Kondisi otot
Tes dan diagnosis
Kriteria untuk gangguan stres traumatik-pos yang akan didiagnosis meliputi:
  • Anda mengalami atau menyaksikan suatu peristiwa yang melibatkan kematian atau cedera serius, atau ancaman kematian atau cedera serius
  • Tanggapan Anda ke acara yang terlibat intens ketakutan, horor atau rasa tidak berdaya
  • Anda menghidupkan kembali pengalaman acara, seperti memiliki gambar menyedihkan dan kenangan, mengganggu mimpi, flashback, atau bahkan reaksi fisik
  • Anda mencoba untuk menghindari situasi atau hal-hal yang mengingatkan Anda tentang peristiwa traumatik atau merasa rasa mati rasa emosional
  • Anda merasa seolah-olah Anda terus-menerus berjaga-jaga atau waspada terhadap tanda-tanda bahaya, yang mungkin membuat Anda sulit tidur atau berkonsentrasi
  • Anda gejala berlangsung lebih dari satu bulan
  • Gejala menyebabkan distres penting dalam hidup Anda atau mengganggu kemampuan Anda untuk pergi tentang tugas-tugas normal Anda sehari-hari
Coping dan dukungan
Jika stres dan masalah lain yang disebabkan oleh peristiwa traumatis mempengaruhi kehidupan Anda, menemui ahli kesehatan Anda merupakan langkah penting pertama. Tapi Anda dapat mengambil tindakan untuk membantu diri Anda sendiri mengatasi ketika Anda melanjutkan dengan pengobatan untuk gangguan stress pasca-trauma. Hal yang dapat dilakukan meliputi:
  • Ikuti instruksi kesehatan profesional Anda. Walaupun mungkin diperlukan beberapa saat untuk merasakan manfaat dari terapi atau obat, kebanyakan orang sembuh. Ingatkan diri Anda bahwa itu butuh waktu. Penyembuhan tidak akan datang semalam.  
  • Jaga dirimu. Cukup istirahat, makan diet seimbang, olahraga dan mengambil waktu untuk bersantai. Hindari kafein dan nikotin, yang dapat memperburuk kecemasan.
  • Jangan mengobati diri sendiri,. Mengkonsumsi alkohol atau obat mati rasa Anda untuk menghilangkan perasaan tidak sehat meskipun mungkin cara yang menggoda untuk mengatasinya. Ini dapat menyebabkan lebih banyak masalah di jalan dan mencegah penyembuhan nyata.
  • Break siklus. Ketika Anda merasa cemas, ambil jalan cepat atau melakukan hobi untuk kembali fokus.
  • Berbicara dengan seseorang.
  • Pertimbangkan kelompok pendukung. Banyak komunitas yang telah kelompok dukungan diarahkan untuk situasi tertentu.

~kn

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar